Cima Behind The Scenes

Belajar membaca hikmah dari setiap adegan




Nanning International Convention & Exhibition Center (NICEC) memiliki dua gedung. Hanya satu gedung yang dipakai untuk CAEXPO, sebut saja gedung utama. Gedung utama ini memiliki 4 lantai. Namun hanya 3 lantai yang berhasil saya jelajahi.

Lantai dasar berisi ruangan-ruangan rapat yang cukup besar (kira-kira untuk kapasitas 100 orang) dan eksklusif. Setiap negara diberi ruangan masing-masing untuk mengenalkan potensi negara kepada para investor yang datang pada acara tersebut. Berarti minimal ada 11 ruangan, saya tidak menghitung dengan pasti, namun ada lebih dari 11 ruangan.

Kemudian, lantai 2 memiliki 4 ruangan yang terdiri dari 3 paviliun untuk pameran dan satu ruangan rapat. Pertama adalah paviliun untuk pameran kota-kota perwakilan negara ASEAN dan China yang disebut (City of Charm, Information and Communication Technology (ICT)), disinilah Bandung sebagai kota perwakilan Indonesia tahun ini memamerkan potensinya. Paviliun kedua adalah paviliun untuk pameran advanced teknologi (sebagian besar pameran mengenai teknologi agrikultur). Paviliun ketiga adalah paviliun bagi para investor. Dan ruangan keempat adalah ruangan rapat, dengan ukuran yang lebih besar dari ruangan rapat lantai dasar.

Lantai 4, terdiri dari banyak paviliun. Saya tidak menghitung secara pasti ruangan yang tersedia di lantai 4. Namun di lantai 4 ini setiap negara ASEAN diberi satu paviliun khusus untuk memamerkan dagangannya. Kira-kira ukuran satu ruangan hampir sama dengan lantai 1 gedung Landmark, Bandung. Selain itu juga terdapat sekitar 6 paviliun untuk pameran produk-produk teknologi buatan China.

Sedangkan gedung kedua dipakai untuk mengenalkan acara Shanghai International Expo 2010. Acara yang berlangsung dua tahun lagi, namun semua perencanaan telah selesai. Bumper/iklan untuk acara tersebut juga telah dapat disaksikan di gedung itu, seperti terlihat pada foto.

Penjagaan NICEC cukup ketat. Hanya empat lokasi yang dibuka sebagai akses masuk. Di setiap lokasi tersebut terdapat pos pemeriksaan. Setiap pengunjung harus melewati pos pemeriksaan terlebih dahulu. Keempat lokasi tersebut adalah satu buah di sebelah selatan dan utara, dan dua buah di sebelah barat.

NICEC memiliki halaman yang sangat luas, bahkan di sebelah barat laut terdapat taman yang cukup luas. Di taman tersebut terdapat bunga-bungan yang dirangkai dengan indah. Dari kejauhan, rangkaian bunga tersebut berbentuk tulisan CAEXPO lengkap dengan logonya. Di bagian selatan halaman NICEC juga terdapat satu stand pameran. Stand ini diisi oleh perusahaan otomotif China yang memamerkan mobil buatannya mulai dari mobil untuk keperluan sehari-hari sampai kendaraan-kendaraan berat seperti traktor.

Nah, tahun 2010, Bandung kan usianya 200 tahun, bikin International Expo yu... Sudah saatnya Bandung untuk dunia. cheers :D

2 review sahabat

  1. anugerah perdana  

    mun international expo di bandung bagus na dimana nya?

    di gasibu mah sempit

    di jalak harupat meureun nya

  2. Cima  

    khas bandung aja...

    di sepanjang dago ditambah sabuga...

    kebayang, macetnya..hehe

Post a Comment

Subscribe to: Post Comments (Atom)